Kamis, 10 November 2016

Contoh Organisasi Dalam Perusahaan

ORGANISASI LINI, STAFF, FUNGSIONAL, DAN KOMBINASI KETIGANYA


Organisasi adalah sekumpulan dari beberapa orang yang melakukan kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan bersama dalam perusahaan atau instansi.
Adapun terdapat beberapa macam bentuk struktur organisasi yaitu :
A. Organisasi LINI
B. Organisasi STAFF
C. Organisasi FUNGSIONAL
D. Kombinasi dari ketiga organisasi



A. ORGANISASI LINI

Struktur Organisasi Lini


1. PENGERTIAN
Organisasi Lini atau Garis adalah satu organisasi dimana pelimpahan wewenang langsung secara vertical dan sepenuhnya dari kepemimpinan terhadap bawahannya. Struktur atau bentuk lini juga disebu bentuk lurus atau bentuk jalur. Bentuk ini merupakan bentuk yang dianggap paling tua dan digunakan secara luas pada masa perkembangan industri pertama. Organisasi Lini ini pada awalnya diciptakan oleh Henry Fayol.

2. CIRI-CIRI
a. Hubungan antara atasan dan bawahan masih bersifat langsung dengan satu garis wewenang
b. Jumlah karyawan sedikit
c. Pemilik modal merupakan pemimpin tertinggi
d. Belum terdapat spesialisasi
e. Masing- masing kepala unit mempunyai wewenang dan tanggung jawab penuh atas segala bidang pekerjaan
f. Struktur organisasi sederhana dan stabil
g. Organisasi tipe garis pada umumnya organisasi kecil

3. KEUNTUNGAN dan KEKURANGAN
Keuntungan dari organisasi lini adalah :
a. Orang-orang yang mempunyai kekuasaan bertanggung jawab dan terbuka.
b. Proses pengambilan keputusan berjalan dengan tepat
c. Disiplin kerja yang mudah dikontrol
d. Tingginya solidaritas diantara anggota
e. Adanya kesempatan yang luas bagi para anggota untuk dapat mengembangkan bakatnya.

Kerugian dari organisasi lini adalah :
a. Tujuan organisasi sama, atau tujuan dari pihak-pihak tertentu saja
b. Pimpinan organisasi terkadang berbuat semaunya
c. Kelangsungan hidup organisasi sangat ditentukan oleh sesorang
d. Kurang didalam pengembangan aktifitas pada setiap anggota
e. Kurang tersedianya staf ahli

4. CONTOH ORGANISASI LINI
Salah satu perusahaan yang menggunakan organisasi fungsional adalah Mc Donalds Indonesia corporatins. Mc Donalds adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan cepat saji (fastfood).


Struktur Mc Donald's


Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Mc Donald's

a. Visi
     Menjadi restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik didunia. Untuk mencapai visi ini, Mc Donald's selalu menjamin mutu produk-produknya, memberikan pelayanan yang memuaskan, menawarkan kebersihan dan keamanan produk pangan serta nilai-nilai tambah lainnya. Senyum konsumen adalah hal penting untuk Mc Donalds.

b. Misi
    1. Menjadi perusahaan terbaik bagi semua karyawan kami disetiap komunitas di seluruh dunia.
    2. Menghadirkan pelayanan dengan sistem operasional yang unggul bagi setiap konsumen kami di setiap restoran cabang Mc Donalds.
    3. Terus mengalami perkembangan ke arah yang menguntungkan sebagai sebuah brand, serta terus mengembangkan sistem operasional Mc Donalds ke arah yang lebih baik lagi lewat inovasi dan teknologi.

c. Tujuan
     1. Suatu sistem yang mampu menyediakan jasa makanan di dunia lebih dari 50.000 restoran
     2. Brand Mc Donalds menentuh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja saat kita melakukan bisnis
     3. McDonalds sebagai tempat bekerja yang terbaik untuk setiap orang yang ada di seluruh dunia
     4. Restoran dimana setiap pelanggan tersenyum dan merasa spesial
     5. Makanan yang paling baik di kelasnya dengan penyajian yang istimewa dan menu makanan yang beragam
    6. Organisasi yang memiliki hubunga kerja yang baik dan kuat antara pemilik, pemasok barang, dan perusahaan
   7. Brand yang sukses dan memberikan kontribusi pada pemilik, pemasok barang dan perusahaan

d. Strategi
    1. Perusahaan dapat melakukan penjualan online sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan dan juga menambah feature-feature dalam pelayanan
    2. Merubah trend kebiasaan makan ke arah makan yang lebih sehat
    3. Mengembangkan secara terus menerus pangsa pasar terutama untuk generasi muda dan kelompok yang telah berumur
    4. Melakukan pengawetan dengan bahan-bahan alami, sebagai bagian dari strategi pemasaran dan periklanan
   5. Menciptakan produk baru. Meneruskan untuk menggunakan teknologi untuk mempengaruhi strategi pendapatan, seperti menggunakan pesan singkat untuk mengantarkan pesanan khusus




B. ORGANISASI LINI dan STAFF


Struktur Organisasi Lini dan Staff
1. PENGERTIAN
Organisasi Lini dan Staf adalah kombinasi dari organisasi lini dan organisasi fungsional. Pelimpihan wewenang dalam organisasi ini berlangsung secara vertikal dari seorang atasan pimpinan hingga dibawahnya. Untuk membantu kelancaran dalam mengelola organisasi tersebut seorang pimpinan mendapat bantuan dari para staf dibawahnya. Tugas para staf disini adalah untuk membantu memberikan emikiran nasehat atau saran-saran, data, informasi dan pelayanan kepada pimpinan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan suatu keputusan atau kebijaksanaan. Pada struktur organisasi ini hubungan antara atasan dengan bawahan tidak secara langsung.

2. CIRI-CIRI
a. Hubungan atsan & bawahan tidak bersifat lgsung
b. Pucuk pimpinanhana satu orng dibantu staff
c. Terapat 2 klompok wewenang yaitu lini & staff
d. Jumlah karyawan banyak organisasi besar, bersifat komplek

3. KEUNTUNGAN dan KEKURANGAN
Keuntungan dari organisasi lini dan staf adalah :
a. Adanya pembagian tugas yang jelas antara kelompok lini dan kelompok staff
b. Adanya pengembangan spesialisasi untuk para anggota
c. Koordinasi didalam setiap bagian dapat diterapkan dengan mudah

Kekurangan dari organisasi lini dan staf adalah :
a. Adanya kemungkinan pimpinan staf melampaui batas kewenangannya
b. Para pemimpin baik lini maupun staf sering mengabaikan nasehat dan gagasan yang ada
c. Pemimpin dan karyawan yang kebanyakan tidak saling mengenal

4. CONTOH ORGANISASI LINI dan STAFF
Salah satu contoh perusahaan yang menggunakan organisasi lini dan staff adalah PT. Pos Indonesia. PT. Pos Indonesia (persero) adalah perusahaan milik negara dalam bidang jasa yang meliputi pos, keuangan, logistik, dan e-bisnis dengan jangkauan operasi hampir di seluruh tanah air indonesia. Kode Etik bisnis PT Pos Indonesia harus dapat dilihat, diketahui, dimengerti, dan dipahami oleh seluruh karyawan, pelanggan, konsultan, mitra bisnis, serta oleh semua individu yang bertransaksi dengan atau atas nama PT Pos Indonesia.


Struktur PT. Pos Indonesia (PERSERO)


Visi, Misi, Tujuan dan Strategi PT. Pos Indonesia (PERSERO)

a. Visi
    Menjadi raksasa logistik pos dari Timur

b. Misi
    1. Menjadi aset yang berguna bagi bangsa dan negara
    2. Menjadi tempat berkarya yang menyenangkan
    3. Menjadi pilihan terbaik bagi para pelanggan
    4. Senantiasa berjuang untuk memberi yang lebih baik bagi bangsa, negara, pelanggan, karyawan, masyarakat serta pemegang saham

c. Tujuan
    1. Mengumumkan produk baru atau harga baru kepada rtpelanggan dan distributor
    2. Memberitahu pembeli suatu produk tentang ketersediaan produk lain yang ditawarkan
    3. Mengingatkan pelanggan akan ketersediaan upgrade atau accessory bagi produk yang sudah mereka beli
   4. Mengirim atau menawarkan sampel produk kepada salesperson yang handal

d. Strategi
     AdMailPos merupakan bagian dari value chain dalam Direct Marketing, dimana Direct Mail merupakan salah satu alternatif alat untuk mencapai keberhasilan dalam menjalankan kegiatan Direct Marketing bagi suatu perusahaan. Salah satu faktor yang mendukung kompetitive advantage PT Pos Indonesia dalam membangun bisnis Direct Marketing adalah alamat yang up to date, response management, kedekatan dengan pelanggan, dan consulting services.




C. ORGANISASI FUNGSIONAL

Struktur Organisasi Fungsional

1. PENGERTIAN
Organisasi fungsional adalah suatu organisasi yang dimana wewenang dari pemimpin tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus. Struktur organisasi fungsional diciptakan oleh F.W.Taylor.

2. CIRI-CIRI
a. Organinya termasuk organisasi kecil
b. Di dalamnya terdapat kelompok-kelompok kerja staff ahli
c. Target yang hendak dicapai jelas dan pasti
d. Pengawasan dilakukan secara ketat
e. Tidak menjamin adanya kesatuan perintah
f. Hemat waktu karena mengerjakan pekerjaan yang sama

3. KEUNTUNGAN dan KEKURANGAN
Keuntungan dari Organisasi Fungsional adalah :
a. Penggunaan sumberdaya yang efisien, skala ekonomis
b. Spesialisasi ketrampilan yang mendalam dan pengembangan
c. Kemajuan karier dalam departement fungsional
d. Panduan dan pengendalian dari manajemen puncak
e. Koordinadi yang luar biasa dalam fungsi-fungsi
f. Pemecahan masalah teknikal yang berkualitas

Kekurangan dari Organisasi Fungsional adalah :
a. Komunikasi lintas departement fungsional yang buruk
b. Tanggapan lambat yang diberikan pada perubahan lingkungan, ketinggalan inovasi
c. Keputusan terkonsentrasi pada hirarki puncak, menciptakan penundaan
d. Tanggung jawab bagi masalah yang muncul sulit ditunjukkan secara tepat.
e. Pandangan terbatas mengenai sasaran organisasi dari pada karyawan
f. Pelatihan manajemen umum yang terbatas bagi karyawan

4. CONTOH ORGANISASI FUNGSIOANAL
Salah satu contoh dari organisasi fungsional adalah PT TIFICO Tbk. PT Teijin Indonesia Fiber Corporation Tbk adalah perusahaan dengan status PMA (penanaman modal asing), yaitu gabungan antara perusahaan suwasta Jepang (Teijin Limited) dengan perusahaan swasta nasional.

Struktur Organisasi Fungsional


Visi, Misi, Tujuan dan Strategi

a. Visi :
     Menjadikan Tifico sebagai produsen, serat polyester yang unggul dipasar domestik dan internasional.

b. Misi:
     Menghasilkan produk bermutu, tinggi dengan harga yang kompetitif serta pengiriman yang tepat waktu.

c. Tujuan :
1. Sebagai pemasok bahan baku bagi industri-industri salam negeri yang menggunakan polyester sebagai bahan bakumya
2. Membuka peluang bagi pengembangan industri-industri dengan bahan baku polyester
3. Meningkatkan kesejahteraan penduduk disekitar lokasi pabrik.

d. Strategi :
     Dengan memperkuat dan meningkatkan daya saing, PT TIFICO menggunakan metode dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan observasi dan pengamatan langsung. beberapa alat analisis untuk menghasilkan strategi pemasaran menggunakan analisis lingkungan internal eksternal, SWOT, strategi besar ( Grand Strategy), dan QSPM ( Quantitative  Strategies Planning Matrix). dari hasil penelitia diketahui bahwa PT TIFICO sulit memanfaatkan peluang dan menghindari ancaman karena memiliki kelemahan yang lebih besar dari pada kekuatannya. Alternatif strategi yang direkomendasikan pada perusahaan berupa penetrasi pasar, peningkatn kapasitas sumber daya manusia, restrukturisasi mesin dengan memanfaatkan program bantuan dari pemerintah, differeniasi produk, yang membentuk departemen riset dan pengembangan untuk menciptakan inovasi produk.




D. ORGANISASI KOMBINASI (MATRIK)


Struktur Organisasi Kombinasi


1. PENGERTIAN
Organisasi Kombinasi adalah organisasi yang perkembangannya lebih lanjut dari organisasi berbentuk lini dan fungsional.

2. CIRI-CIRI
a. Organisasi besar dan kadang sangat ruwet
b. Jumlah karyawan banyak
c. Mempunyai 3 unsur karyawan pokok :
     - Karyawan dengan tugas pokok (line personal)
     - Karyawan dengan tugas bantuan (staff personal)
     - Karyawan dengan tugas operasional fungsional (functional group)

3. KELEBIHAN dan KEKURANGAN
Kelebihan dari organisasi kombinasi :
a. Ada fleksibilitas pada organisasi dan embantu perkembangan kreativitas
b. Mendorong kerjasama antar berbagai keterampilan
c. Merupakan tempat pelatihan manajer-manajer strategi

Kekurangan dari organisasi kombinasi :
a. Pertanggungan jawab ganda dapat membuat kebingungan dan kebijakan dan kontradiktif
b. Sangat memerlukan koordinasi horizontal dan vertikal
c. Dapat mengarah pada konflik antara bagian

4. CONTOH ORGANISASI KOMBINASI
Salah satu contoh dari organisasi kombinasi adalah PT GARUDA INDONESIA (PERSERO) Tbk. PT GARUDA adalah maskapai pertama dan terbesar di Indonesia.Garuda Indonesia bertujuan menjadi penyedia layanan terdepan bagi wisatawan di negara ini sekaligus menyediakan layanan pengiriman barang melalui udara. Grup Garuda Indonesia pada saat ini memiliki lima anak perusahaan yakni PT Aerowisata, PT GMF Aero Asia, PT Abacus Distribution System, PT Gapura Angkasa dan PT Aero System Indonesia.

Struktur PT Garuda Indonesia Tbk.



Misi, Visi, Tujuan dan Strategi

a. Misi :
    Untuk menjadi perusahaan penerbangan yang berkelanjutan melalui layanan berorientasi pelanggan dan pertumbuhan laba

b. Visi :
      Untuk memaksimalkan laba pemegang saham melalui pertumbuhan pendapatan yang kuat, kepemimpinan biaya dalam operasi layanan penuh, dan kelompok sinergi sambil memberikan nilai tertinggi kepada pelanggan melalui keramahan Indonesia yang sangat baik

c. Tujuan :
      Tujuan utama Garuda Indonesia adalah kepuasan pelanggan (customer satisfaktion ). dalam jangka waktu 2 tahun garuda telah mnghidupkan kembali kebudayaan perusahaan, yaitu hinger seat load faktor, impruve on time performance, menambah penghasilan dan profitabilitas dan mengembangkan kepuasan pelanggan.

d. Strategi :
- Corporate Level
      Berdasarkan corporate level strategi maka garuda indonesia diklasifikasikan kedalam perusahaan related diversified frim yaitu perusahaan yang beropasi dibidang industri yang mirip dan mereka berhubungan satu sama lain melalui operating synergies yang dapat berupa :

  • kemampuan untuk membagi sumber daya
  • kemampuan untuk membagi core competensy ( sesuatu yang membuat suatu perusahaan sukses dan memberikan nilai tambah dan signifikan bagi customer ).
- Bussiness Unit Level
      Menciptakan dan menjaga keunggulan kompetitif dari setiap industri yang dimasukinya. ciri bisnis unit adalah dapat mengambil keputusan dan memiliki strategi tersendiri tapi tujuan utama tetap sama dengan perusahaan induknya. Garuda indonesia menggunakan pola Aviation Business Model untuk mengembangkan usahanya.




PERTANYAAN
1. Apa pengertian dari polyester? (pertanyaan dari Bastian kelompok 4 )
Jawaban : polyester adalah sebuah bahan yang spesifik lebih sering merujuk pada polietilena tereftalat (PET).
polyester termasuk zat kimia yang alami, seperti kulit ari tumbuhan maupun zat kimia sintetis seperti polikarbonat dan polibutirat.

2. Kenapa PT TIFICO lebih besar kekurangannya daripada kekuatannya? (pertanyaan dri Egi kelompok 1 )
Jawaban : Karena PT TIFICO memiliki kelemahan atau kekurangan yang lebih besar. jadi PT TIFICO harus lebih berusaha memanfaatkan peluang yang ada.

FOTO-FOTO HASIL PRESENTASI

Foto 1


Foto 2


Foto 3


Foto 4


Kelompok 2 :
1. Maya Ardiani (Moderator)
2. Elly Elvandari (Penyaji 1)
3. Aminatus Sa'diyah (Penyaji 2)
4. Tarisem (Notulen)
5. Hana Nur Pratiwi
6. Nur Badrina Alfi 



4 komentar:

  1. kurang 2 bentuk lagi, bentuk komite dan lini fungsional

    BalasHapus
  2. Bentuk divisional tau nggak kak

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. The Casino Experience: The Ultimate Guide to Slots in the
    Slots like roulette, slots and 인천광역 출장마사지 craps have some 여수 출장안마 of the best 통영 출장마사지 rewards in casino gambling. The casino can also 정읍 출장샵 be found 시흥 출장샵 at the nearest casino.

    BalasHapus